RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan pendidikan : SEKOLAH DASAR
Kelas / semester : 1 / 1
Tema / topik :
Kegemaranku
Sub Tema : Bernyanyi dan menari
Alokasi waktu : 1 Hari
Hari/Tanggal :
Jumat 12 Juli 2013
A.
KOMPETENSI INTI
1.
Menerima dan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.
Memiliki perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
3.
Memahami pengetahuan
faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B.
KOMPETENSI DASAR
BAHASA INDONESIA
3.4 Mengenal teks diskriptif tentang anggota tubuh dan panca indra ,wujud ,dan
sifat benda, Serta peristiwa siang
dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulisan yang dapat diisi dengan kosa
kata bahasa daerah untuk membantu pem haman.
4.1 Mengamati dan
menirukan teks diskriptif tentang anggota tubuh dan panca indra,wujud, dan sifat benda,serta peristiwa siang
dan malam secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lesan dan tulis yang dapat
diisi dengan kosa kata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
PPKN
1.2 Melaksanakan
tata tertib di rumah dan di sekolah
1.3 Mengamati dan
menceritakan kebersamaan dalam keberagaman di rumah dan di sekolah.
SBDP
4.1Menggambar ekspresi
dengan mengolah garis,warna dan bentuk berdasarkan hasil pe ngamatan di
lingkungan sekitar.
4.9 Melakukan gerak kepala,tangan,kaki dan badan
berdasarkan pengamatan alam di lingkungan sekitar
4.14 Membuat karya
kreatip dengan mengolah bahan alam melalui kegiatan melipat, Menggunting dan
menempel bentuk pola dan alur sederhana,
C.
INDIKATOR
BAHASA INDONESIA
1.
Mendengar isi teks yang dibacakan guru
2.
Menceritakan kembali isi teks yang didengar dengan lancar
3.
Menjawab pertanyaan-pertanyaan isi teks yang didengar
4.
Mengidentifikasi gambar yang sesuai dengan isi teks.
PPKN
- Melaksanakan tata tertib dalam mengikuti kegiatan menari
- Menunjukkan sikap kerja sama dalam kegiatan.
SBDP
- Mempraktekkan gerak tarian yang dicontohkan oleh guru.
- Mewarnai gambar tarian dengan rapi
D.
TUJUAN
- Dengan mendengarkan cerita guru tentang beberapa macam tarian tradisonal, siswa mampu menyebutkan nama 3 tarian daerah dengan benar
- Dengan mendengarkan cerita guru tentang beberapa macam tarian tradisonal, siswa mampu menyebutkan 3 asal tarian daerah dengan benar
- Dengan mendengarkan cerita guru tentang beberapa macam tarian tradisonal, siswa mampu menjodohkan gambar tarian dengan daerah asalnya.
- Siswa dapat menjalankan tata tertib dalam mengikuti kegiatan menari.
- Melalui diskusi kelompok, siswa dapat menunjukkan sikap kerja sama dalam kegiatan.
- Dengan menirukan guru, siswa mampu mempraktikkan gerakan tarian yang di contohkan guru dengan benar.
- Melalui pengamatan’, siswa dapat mewarnai gambar tarian dengan rapi.
E.
MATERI
BAHASA INDONESIA
1.
Nama-nama tari daerah
Tari topeng,Tari Gantar,Tari Panji Semirang,Tari Kipas,Tari Tor-Tor,Tari
Saman
2.
Asal tari daerah
Tari topeng berasal dari Betawi,Tari
Gantar berasal dari Kalimantan Timur,Tari Panji Semirang berasal
dari Bali ,Tari Kipas berasal dari Sulawesi Selatan,Tari Tor-Tor berasal dar Sumatra Utar,Tari Saman berasal
dari Aceh
SBDP
1.
Gerakan tari
2.
Gambar tari daerah Acehyang harus diwarnai siswa
PKN
1.
Tata tertib di rumah dan di sekolah
A.
PENDEKATAN & METODE
Pendekatan :
Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Metode :
Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi Dan Ceramah
B.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk
mengawali kegiatan pembelajaran)
2.
Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
3.
Mengajak Semua Siswa menyanyi “Selamat Pagi”
4.
Mengajak berdinamika dengan tepuk
kompak.
|
10 menit
|
Inti
|
1.
Guru mengenalkan beberapa tarian daerah yang ada di buku siswa.
2.
Setelah siswa mendengarkan penjelasan guru, siswa menyebutkan 3 nama tarian dan asal daerah tarian yang ada pada
buku siswa.
3.
Siswa diminta untuk menjodohkan gambar tari dengan daerah asal pada buku
siswa.
4.
Guru mengajarkan tarian tradisional dengan gerakan-gerakan sederhana.
5.
Gerakan diajarkan bertahap agar memudahkan siswa dalam melakukan gerakan
tari tersebut.
6.
Lakukan berulang-ulang sehingga siswa dapat melakukan gerakan-gerakan
tari yang dipelajari.
7.
Guru membentuk siswa menjadi 5
kelompok.
8.
Setelah siswa menguasai, secara kelompok siswa mempraktekkan gerakan tari
yang telah dicontohkan guru.
9.
Guru membimbing siswa untuk berdiskusi tentang gerakan tarian yang telah
dilakukan.
10.
Guru menyajikan gambar tarian tradisonal lainnya.
11.
Guru menyampaikan, bahwa alangkah indahnya jika gambar penari itu diberi
warna.
12.
Siswa diminta untuk mewarnai gambar yang disajikan guru.
|
150 menit
|
Penilaian proses:
Guru menilai
kemampuan anak menari dalam kelompok.
Guru menilai
kemampuan anak dalam mewarnai
Penilaian hasil:
Mengerjakan
soal yang berkaitan dengan tarian tradisional 1 sampai 5.
|
||
Gambar-gambar
untuk Example non Example
·
Gambar tari-tarian
|
||
Penutup
|
1.
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama
sehari
|
15 menit
|
2.
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui
hasil ketercapaian materi)
3.
Melakukan penilaian hasil belajar
|
||
4.
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing
(untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
|
||
·
Mengamati sikap siswa dalam berdo’a (sikap duduknya, cara membacanya,
cara melafalkannya dsb)
·
Apabila ada siswa yang kurang benar dan kurang sempurna dalam berdo’a,
maka setelah selesai kegiatan berdo’a, langsung diberi nasehat agar besok
kalau berdoa lebih disempurnakan
|
C.
SUMBER DAN MEDIA
·
Diri anak
·
Lingkungan sekolah
·
Buku Tematik Kelas I
·
Gambar/contoh
langsung karya cetak
D.
PENILAIAN
- Prosedur
Penilaian
a.
Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan
pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir
b.
Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan
(terlampir)
- Instrumen
Penilaian
a.
Penilaian Proses
1)
Penilaian Kinerja
2)
Penilaian Produk
b.
Penilaian Hasil Belajar
·
Isian singkat
Mengetahui Guru
Kelas 1
Kepala Sekolah,
.................................................. Nuryanah
Lismiety dan Sardju
PENILAIAN NON TES:
A. Penilaian
Kinerja
1. Kinerja dalam Menyelesaikan Tugas Kelompok
No.
|
Nama Peserta Didik
|
Aspek
|
Jumlah
|
Nilai
|
|||
Kerja sama
|
Keaktifan
|
Menghargai pendapat teman
|
Tanggung jawab
|
||||
Keterangan Skor:
1=Sangat Kurang
2=Kurang
2=Cukup
3=Baik
4=Sangat Baik
Skor maksimal=16
Skor perolehan
Nilai =
X 100
Skor Maksimal
B. Penilaian Produk
1. Mengerjakan
Lembar Evaluasi
No.
|
Nama Peserta Didik
|
A s p e k
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|||
Ketepatan menjodohkan
nama tarian dengan gambar
|
Ketepatan menyebutkan
nama tarian
|
Ketepatan menyebutkan
asal daerah tarian.
|
Kerapian
|
||||
Keterangan Skor:
Aspek ke-1 dan ke-2
1=Kurang
2=Cukup
3=Baik
4=Sangat Baik
|
Aspek ke-3
1=Jika mengidentifikasi 3 -4
2=Jika mengidentifikasi ≥5
|
Skor maksimal=10
Skor perolehan
Nilai = X 100
Skor
Maksimal
LEMBAR SOAL
Jawablah dengan singkat
1.
Tari topeng berasal dari…………..
2.
Penutup wajah pada penari topeng adalah….
3.
Iringan
tari dapat menggunakan ….
4.
Penari
kipas membawa ….
5.
Tari
saman berasal dari ….
PENILAIAN
Keterangan skor :
skor maksimal 10,
Jawaban benar dikalikan 2
Jawaban salah mendapat nilai 1
Tidak menjawab nilai 0
Silahkan download di sini
Bay: Witdarmiyanto
0 comments:
Posting Komentar