Ads 468x60px

Sabtu, 10 Mei 2014

CONTOH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KELAS I / 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan pendidikan    :  SEKOLAH DASAR
Kelas / semester       :  1 / 1
Tema / topik              :  Kegemaranku
Sub Tema                  :  Bernyanyi dan menari
Alokasi waktu           :  1 Hari
                                    Hari/Tanggal             :  Jumat 12 Juli 2013

A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia


B.     KOMPETENSI DASAR
BAHASA INDONESIA
3.4 Mengenal teks diskriptif tentang anggota tubuh dan panca indra ,wujud ,dan sifat benda, Serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia  lisan dan tulisan yang dapat diisi dengan kosa kata bahasa daerah untuk membantu pem haman.

4.1 Mengamati dan menirukan teks diskriptif tentang anggota tubuh dan panca indra,wujud, dan sifat benda,serta peristiwa siang dan malam secara mandiri  dalam bahasa Indonesia lesan     dan tulis yang dapat diisi dengan kosa kata bahasa daerah untuk membantu penyajian.

PPKN
1.2 Melaksanakan tata tertib di rumah dan di sekolah
1.3 Mengamati dan menceritakan kebersamaan dalam keberagaman di rumah dan di sekolah.

SBDP
4.1Menggambar ekspresi dengan mengolah garis,warna dan bentuk berdasarkan hasil pe ngamatan di lingkungan sekitar.

4.9   Melakukan gerak kepala,tangan,kaki dan badan berdasarkan pengamatan alam di lingkungan sekitar

4.14 Membuat karya kreatip dengan mengolah bahan alam melalui kegiatan melipat, Menggunting dan menempel bentuk pola dan alur sederhana,

C.    INDIKATOR
BAHASA INDONESIA
1.      Mendengar isi teks yang dibacakan guru
2.      Menceritakan kembali isi teks yang didengar dengan lancar
3.      Menjawab pertanyaan-pertanyaan isi teks yang didengar
4.      Mengidentifikasi gambar yang sesuai dengan isi teks.

PPKN
  • Melaksanakan tata tertib dalam mengikuti kegiatan menari
  •  Menunjukkan sikap kerja sama dalam kegiatan.


SBDP
  • Mempraktekkan gerak tarian yang dicontohkan oleh guru.
  • Mewarnai gambar tarian dengan rapi


D.    TUJUAN
  1. Dengan mendengarkan cerita guru tentang beberapa  macam tarian tradisonal, siswa mampu menyebutkan nama 3 tarian daerah dengan benar
  2. Dengan mendengarkan cerita guru tentang beberapa  macam tarian tradisonal, siswa mampu menyebutkan 3 asal tarian daerah dengan benar
  3. Dengan mendengarkan cerita guru tentang beberapa  macam tarian tradisonal, siswa mampu menjodohkan gambar tarian dengan daerah asalnya.
  4. Siswa dapat menjalankan tata tertib dalam mengikuti kegiatan menari.
  5. Melalui diskusi kelompok, siswa dapat menunjukkan sikap kerja sama dalam kegiatan.
  6. Dengan menirukan guru, siswa mampu mempraktikkan gerakan tarian yang di contohkan guru dengan benar.
  7. Melalui pengamatan’, siswa dapat mewarnai gambar tarian dengan rapi.

E.     MATERI
BAHASA INDONESIA
1.      Nama-nama tari daerah
Tari topeng,Tari Gantar,Tari Panji Semirang,Tari Kipas,Tari Tor-Tor,Tari Saman
2.      Asal tari daerah
Tari topeng berasal dari  Betawi,Tari Gantar berasal dari Kalimantan Timur,Tari Panji Semirang         berasal dari Bali ,Tari Kipas berasal dari Sulawesi Selatan,Tari Tor-Tor  berasal dar Sumatra Utar,Tari Saman berasal dari Aceh

SBDP
1.      Gerakan tari
2.      Gambar tari daerah Acehyang harus diwarnai siswa

PKN
1.      Tata tertib di rumah dan di sekolah

A.      PENDEKATAN & METODE
Pendekatan          : Scientific
Strategi                 : Cooperative Learning
Metode                 : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi Dan Ceramah

B.       KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
1.      Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
2.      Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa
3.      Mengajak Semua Siswa menyanyi  “Selamat Pagi”
4.      Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak.
10 menit
Inti
1.      Guru mengenalkan beberapa tarian daerah yang ada di buku siswa.
2.      Setelah siswa mendengarkan penjelasan guru, siswa menyebutkan 3 nama  tarian dan asal daerah tarian yang ada pada buku siswa.
3.      Siswa diminta untuk menjodohkan gambar tari dengan daerah asal pada buku siswa.
4.      Guru mengajarkan tarian tradisional dengan gerakan-gerakan sederhana.
5.      Gerakan diajarkan bertahap agar memudahkan siswa dalam melakukan gerakan tari tersebut.
6.      Lakukan berulang-ulang sehingga siswa dapat melakukan gerakan-gerakan tari yang dipelajari.
7.      Guru membentuk siswa  menjadi 5 kelompok.
8.      Setelah siswa menguasai, secara kelompok siswa mempraktekkan gerakan tari yang telah dicontohkan guru.
9.      Guru membimbing siswa untuk berdiskusi tentang gerakan tarian yang telah dilakukan.
10.  Guru menyajikan gambar tarian tradisonal lainnya.
11.  Guru menyampaikan, bahwa alangkah indahnya jika gambar penari itu diberi warna.
12.  Siswa diminta untuk mewarnai gambar yang disajikan guru.

150 menit

Penilaian proses:
Guru menilai kemampuan anak menari dalam kelompok.
Guru menilai kemampuan anak dalam mewarnai

      Penilaian hasil:
Mengerjakan soal yang berkaitan dengan tarian tradisional 1 sampai 5.


Gambar-gambar untuk Example non Example
·         Gambar tari-tarian
  

Penutup
1.      Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
15 menit
2.      Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
3.      Melakukan penilaian hasil belajar

4.      Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)


·         Mengamati sikap siswa dalam berdo’a (sikap duduknya, cara membacanya, cara melafalkannya dsb)
·         Apabila ada siswa yang kurang benar dan kurang sempurna dalam berdo’a, maka setelah selesai kegiatan berdo’a, langsung diberi nasehat agar besok kalau berdoa lebih disempurnakan



C.                SUMBER DAN  MEDIA
·         Diri anak
·         Lingkungan sekolah
·         Buku Tematik Kelas I
·         Gambar/contoh langsung karya cetak

D.      PENILAIAN

  1. Prosedur Penilaian
a.      Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir

b.      Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir)

  1. Instrumen Penilaian
a.      Penilaian Proses
1)   Penilaian Kinerja
2)   Penilaian Produk

b.      Penilaian Hasil Belajar
·       Isian singkat


Mengetahui                                                                            Guru Kelas 1
Kepala Sekolah,                                                                   

..................................................                                              Nuryanah Lismiety dan Sardju                              


PENILAIAN NON TES:

A.     Penilaian Kinerja
1.      Kinerja dalam Menyelesaikan Tugas Kelompok

No.
Nama Peserta Didik
Aspek
Jumlah
Nilai
Kerja sama
Keaktifan
Menghargai pendapat teman
Tanggung jawab









































Keterangan Skor:
1=Sangat Kurang
2=Kurang
2=Cukup
3=Baik
4=Sangat Baik

Skor maksimal=16

                     Skor perolehan
Nilai     =                                      X  100
                     Skor Maksimal
 



B.     Penilaian Produk
1. Mengerjakan Lembar Evaluasi

No.
Nama Peserta Didik
A s p e k
Jumlah
Skor
Nilai
Ketepatan menjodohkan nama tarian dengan gambar
Ketepatan menyebutkan nama tarian
Ketepatan menyebutkan asal daerah tarian.
Kerapian









































Keterangan Skor:
Aspek ke-1 dan ke-2
1=Kurang
2=Cukup
3=Baik
4=Sangat Baik


Aspek ke-3
1=Jika mengidentifikasi 3 -4
2=Jika mengidentifikasi ≥5


Skor maksimal=10

                              Skor perolehan
Nilai     =                                               X  100
                              Skor Maksimal



LEMBAR SOAL
Jawablah dengan singkat
1.       Tari topeng berasal dari…………..
2.       Penutup wajah pada penari topeng adalah….
3.      Iringan tari dapat menggunakan ….
4.      Penari kipas membawa ….
5.      Tari saman berasal dari ….



PENILAIAN

Keterangan skor :
skor maksimal 10,
 Jawaban benar dikalikan 2
 Jawaban salah mendapat nilai 1
Tidak menjawab nilai 0

Silahkan download di sini













Print Friendly and PDF

0 comments:

Posting Komentar