Ads 468x60px

Jumat, 14 Juni 2013

PENGERTIAN CONTOH RPP DAN SILABUS

Sebelum Membahas Contoh RPP dan Silabus kita harus mengerti apa itu RPP dan apa itu Silabu?

Pengertian RPP merupakan singkatan dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, dari  sumber yang saya baca, RPP termasuk rencana pengembangan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran agar mencapai satu titik kompetensi dasar yang ditetapkan dalam Standar Isi seperti yang dijabarkan dalam Silabus. Lingkup Rencana Pelaksanaan Pembelajaran paling luas yang mencakup 1 (satu) kompetensi dasar yang terdiri dari atas 1 (satu) indikator sehingga beberapa indikator untuk 1 (satu) kali pertemuan atau bahkan lebih.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dirumuskan dalam tujuan pembelajaran, materi ajar, metode pengajaran, sumber belajar, serta penilaian hasil belajar. Manfaat dari adanya RPP ini adalah supaya pembelajaran yang terjadi di dalam kelas dapat mencapai hasil yang maksimal, sebab sesuatu yang telah direncanakan terlebih dahulu akan mendapatkan hasil yang terbaik.

Pengertian Silabus adalah rencana pembelajaran suatu atau kelompok mata pelajaran atau tema tertentu yang dimana mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber/bahan/alat belajar dan lainny.

Silabus merupakan penjabaran standar yang kompetensi sehingga kompetensi dasar ke dalam materi pokok/pembelajaran akan lebih optimal, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian (BSNP, 2006: 14).

Mungkin cukup sekian pembahasan tentang Pengertian RPP dan Silabus, untuk selanjutnya saya akan mencoba menyediakan banyak silabus nantikan artikel saya selanjutnya.

Thanks.semoga bermanfaa

Contoh RPP dan Silabus  Downlad
Print Friendly and PDF

0 comments:

Posting Komentar